Teknologi Jaringan

Teknologi Jaringan Komputer
Kali ini saya selaku admin blog Naz Cules Sinjai, akan berbagi materi kuliah sobat, iya buat yang lagi cari materi kuliah Jarkom (Jaringan Komputer) tentang teknologi jaringan. di sini saya akan bahas secara bertahap sob apa saja yang termasuk dalam teknologi jaringan komputer. apa saja teknologi jaringan yang akan saya bahas, silahkan lanjut sob, beerikut beberapa teknologi jaringan:




1. APPLE LOCALTALK


LocalTalk adalah sebuh protokol network yang di kembangkan oleh Apple Computer, Inc. untuk mesin-mesin komputer Macintosh . Metode yang digunakan oleh LocalTalk adalah CSMA/CA (Carrier Sense Multiple Access with Collision Avoidance). Hampir sama dengan CSMA/CD. Adapter LocalTalk dan cable twisted pair khusus dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer melewati port serial. Sistem Operasi Macintosh memungkinkan koneksi berjalan secara jaringan peer-to-peer tanpa membutuhkan tambahan aplikasi khusus. Protokol LocalTalk dapat digunakan untuk model jaringan Garis Lurus , Bintang , ataupun model Pohon dengan menggunakan kabel twisted pair . Kekurangan yang paling mencolok yaitu kecepatan transmisinya yang hanya mencapai 230 Kbps.
> Selengkapnya tentang Apple LocalTalk Klik Di sini.


2. TOKEN RING


Protokol Token Ring di kembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980. Metode Aksesnya melalui lewatnya sebuah token dalam sebuah lingkaran seperti Cincin . Dalam lingkaran token, komputer-komputer dihubungkan satu dengan yang lainnya seperti sebuah cincin. Sebuah Sinyal token bergerak berputar dalam sebuah lingkaran (cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari sebuah komputer-menuju ke komputer berikutnya, jika pada persinggahan di salah satu komputer ternyata ada data yang ingin ditransmisikan, token akan mengangkutnya ke tempat dimana data itu ingin ditujukan, token bergerak terus untuk saling mengkoneksikan diantara masing-masing komputer.
> Selengkapnya tentang Token Ring Klik Di sini.


3. ETHERNET


Ethernet merupakan jenis skenario perkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data jaringan komputer yang dikembangkan oleh Robert Metcalfe dan David Boggs di Xerox Palo Alto Research Center (PARC) pada tahun 1972. Versi awal Xerox Ethernet dikeluarkan pada tahun 1975 dan di desain untuk menyambungkan 100 komputer pada kecepatan 2,94 megabit per detik melalui kabel sepanjang satu kilometer.
> Selengkapnya tentang Ethernet Klik Di sini.


4. ARCnet


ArcNet adalah sistem jaringan yang menggunakan teknik komunikasi baseband dan metode akses token passing. Jaringan ArcNet memiliki fleksibilitas yang tinggi dan berharga murah. Kecepatan transmisi data yang ditawarkan adalah 2.5 MBit/sec. Topologi yang dapat digunakan untuk ArcNet adalah Star dan Bus.
> Selengkapnya tentang ARCnet Klik Di sini.


5. FDDI


FDDI adalah Fiber Distributid Data Interface (FDDI) yang merupakan teknologi jaringan berkecepatan 100-Mbps yang jarak jakauannya dapat mencapai 200 km, dengan menggunakan model token ring. FDDI kebanyakan digunakan sebagai teknologi backbone kecepatan tinggi oleh karena dukungannya untuk penyediaan bandwidth yang lebih besar daripada kabel tembaga biasa.
> Selengkapnya tentang FDDI Klik Di sini.


6. CDDI


Untuk jaringan area lokal (LAN), CDDI (Copper Distributed Data Interface) adalah standar untuk transmisi data berdasarkan FDDI (Fiber Distributed Data Interface) yang menggunakan twisted-pair terlindung (STP) atau unshielded twisted pair (UTP) kabel tembaga sebagai gantinya garis serat optik. CDDI mendukung kemampuan dual-cincin 200 Mbps. CDDI jarak maksimum adalah sampai 200 meter, yang jauh lebih pendek dari FDDI.
> Selengkapnya tentang CDDI Klik Di sini.


7. ATM


ATM adalah singkatan dari Asynchronous Transfer Mode (ATM) yaitu sebuah protokol jaringan yang mentransmisikan pada kecepatan 155 Mbps atau lebih . ATM mentarnsmisikan data kedalam satu paket dimana pada protokol yang lain mentransfer pada besar-kecilnya paket. ATM mendukung variasi media seperti video, CD-audio, dan gambar. ATM bekerja pada model topologi Bintang, dengan menggunakan Kabel fiber optic ataupun kabel twisted pair . ATM pada umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih LAN . dia juga banyak dipakai oleh Internet Service Providers (ISP) untuk meningkatkan kecepatan akses Internet untuk klien mereka.
> Selengkapnya tentang ATM Klik Di sini.


Sekian sob materi kuliah tentang Teknologi Jaringan, semoga bermanfaat sob

Beri Komentar

Silahkan berikan komentar Anda jika ada hal yang kurang dipahami dengan topik yang telah Anda baca. Biasakan berkomentar dengan:
1. Berkomentar Dengan Sopan dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
2. Tidak Memasukkan Link Aktif Dalam Form Komentar.
3. Berkomentar Sesuai Artikel/Postingan.
4. Berilah Informasi, Jika ada script/link yang Sudah tidak berfungsi/mati.
5. komentar Jorok/Kasar/SARA/PORNO/saya anggap sebagai SPAM.